Kamis, 05 November 2009

acara manjalang Rumah Gadang Mande Rubiah



Mande Rubiah bersama Bupati Pessel 2005-2010 (Bpk. H. Nasrul abit) dan ibu serta Penghulu Salapan  (penghulu delapan) di Nagari Lunang dalam acara adat manjalang Rumah Gadang Nagari Lunang 2 Syawal 1430 H.
Manjalang Rumah Gadang (mengunjungi rumah Gadang) merupakan acara adat di nagari Lunang yang dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 2 Syawal (tahun hijriah). acara ini diawali arak-arakan Penghulu Salapan dari kantor Wali Nagari Lunang yang diiringi rebana dikie khas Lunang dan dilengkapi dengan panji kebesaran suku masing2.
setiba di rumah gadang, mereka berbaris dengan rapi didepan Rumah Gadang yang disaksikan oleh masyarakat/anak kemenakan nagari Lunang. kemudian pengucapan Selamat hari raya dan permohonan maaf kepada anak kemenakan salama mereka menjalankan tugas secara adat. pada akhir acara, Mande rubiah akan muncul dari jendela rumah gadang dengan mengibaskan sapu tangan dan mengucapkan "assalamu'alaikaum WW". posisi para penghulu menghadap ke arah Rumah Gadang  (agar tidak membelakangi mande). Ucapan salam Mande tadi di balas oleh seluruh penghulu dan masyarakat sebagai bentuk penghormatan mereka terhadap mande.
acara selanjutnya, para penghulu akan naik kerumah gadang yang juga disertai oleh alim ulama, cadiak pandai dan pemuda nagari Lunang. di rumah gadang inilah nanti adanya evaluasi kepemimpinan mereka dan perencanaan (baik itu masalah adat, agama, sosial mayarakat ) untuk tahun depan.

Tidak ada komentar: